Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah 7 Manfaat Buah Pir Yang Jarang Orang Ketahui Khasiatnya Bagi Tubuh

Manfaat buah pir - Buah pir merupakan salah satu buah favorit bagi banyak orang. Selain rasanya yang manih dan juga menyegarkan, buah ini juga banyak menyimpan manfaat bagi kesehatan yang nantinya akan kalian nikmati.

Pir atau pear adalah spesies buah tumbuhan Pyrus communis yang juga termasuk anggota keluarga dari tumbuhan Rosaceae. Buah ini biasanya tumbuh di negara Eropa dan Asia. Di dalam buah ini juga mengandung beberapa nutrisi seperti vitamin A, vitamin E, Kolin, betain, asam pantotenat, kalsium, fosfor, zat besi, selenium dan seng.


7 Khasiat Menakjubkan Buah Pir Bagi Kesehatan Tubuh Kita

1. Mengandung Antidioksidan

Menurut penelitian oleh National Cancer Institute, mengkonsumsi buah pir segar setiap hari menunjukkan efek positif pada kemampuan tubuh untuk mencegah pertumbuhan kanker, mengurangi peradangan, dan menjaga tubuh dalam kadar pH yang seimbang.

Pir memiliki efek antioksidan glutathione dan anti kanker yang baik untuk kesehatan tubuh. Glutathione adalah antioksidan yang dapat membantu mencegah kanker, tekanan darah tinggi dan stroke.

2. Tinggi Nutrisi

Pir merupakan buah yang kaya akan kandungan nutrisi seperti protein, karbohidrat, serat, serta vitamin C dan K. Kandungan kalori yang rendah pada pir juga menjadikan buah ini cocok untuk dikonsumsi saat sedang diet.

Mengutip Healthline, pir juga mengandung provitamin A, niacin, dan folat yang penting untuk menjaga fungsi sel dan menghasilkan energi. Sementara provitamin A membantu kesehatan kulit dan penyembuhan luka.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah pir mengandung serat cukup tinggi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan. Kandungan serat akan membantu menjaga keteraturan usus dalam memproses dan melunakkan sisa makanan menjadi tinja. Sehingga Anda akan terhindar dari sembelit atau sulit buang air besar (BAB).

Kandungan serat larut dalam buah pir juga dapat menjadi asupan untuk bakteri baik dalam usus atau prebiotik. Bakteri baik ini berhubungan dengan penghambat penuaan dan peningkatan sistem kekebalan tubuh.

Supaya manfaatnya lebih optimal, seseorang dianjurkan mengonsumsi buah pir bersamaan dengan kulitnya. Kulit buah pir mengandung serat tinggi yang dapat menjaga kesehatan usus.

4. Sumber Vitamin C Tinggi

Untuk mendukung kekebalan tubuh yang sehat, Anda bisa mengonsumsi buah pir. Pasalnya, buah pir mengandung vitamin C yang tinggi. Di dalam kandungan pir, terdapat sekitar 12% kebutuhan vitamin C (asam askorbat) harian yang Anda butuhkan.

Selain itu, vitamin C dalam buah ini mengandung zat antioksidan kuat yang melawan mampu kerusakan sel akibat radikal bebas dan stres oksidatif.  Vitamin C juga bermanfaat untuk melindungi sel DNA yang sehat, menghentikan mutasi sel, menjaga metabolisme yang sehat, dan memperbaiki jaringan yang rusak di dalam tubuh.

5. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Makanan kaya serat juga memberikan manfaat yang luar biasa untuk menjaga kesehatan jantung. Mengonsumsi cukup serat dapat mengurangi tekanan darah dan kolesterol serta mengurangi risiko terserang penyakit jantung.

Kulit pir juga sarat akan zat antioksidan yang disebut quercetin, yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Quercetin dapat mengurangi peradangan dan faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah dan kolesterol.

6. Mencegah Sembelit

Kandungan serat pada pir cukup tinggi sehingga buah ini bagus untuk mencegah atau mengobati masalah pencernaan. Lalu, pektin di dalam manfaat buah pir juga dianggap sebagai zat diuretik alami yang memiliki efek pencahar tingkat ringan.

Apabila sembelit, coba makan 1 atau 2 buah pir sehari. Anda juga bisa menambahkan potongan pir ke dalam campuran smoothie untuk membantu melancarkan pergerakan usus, mencegah retensi air di dalam tubuh, dan mengurangi rasa kembung.

7. Menurunkan Berat Badan

Buah pir rendah kalori, tinggi air, dan dilengkapi dengan serat. Kombinasi ini menjadikannya makanan yang cocok dijadikan menu diet dalam program penurunan berat badan, karena serat dan air dapat membantu Anda mudah kenyang.

Sebuah studi membuktikan makan dua buah pir setiap hari mampu mengurangi lingkar pinggang hingga 2,7 cm.

Penelitian lain menemukan mengonsumsi tiga buah pir per hari dapat menghilangkan satu kilogram berat badan dalam waktu satu bulan. Makan buah pir secara teratur dapat membantu Anda merasa kenyang karena jumlah air dan seratnya yang tinggi. Pada gilirannya, ini dapat membantu Anda menurunkan berat badan.

Posting Komentar untuk "Inilah 7 Manfaat Buah Pir Yang Jarang Orang Ketahui Khasiatnya Bagi Tubuh"