Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Buah Anggur Untuk Ibu Hamil Muda, Bolehkah? Cek Penjelasannya

Manfaat Buah Anggur - Buah anggur berbahaya untuk ibu hamil karena bisa menyebabkan keguguran merupakan sebuah mitos yang sampai saat ini belum terbukti kebenarannya. Jika ditinjau dari kandungan gizinya, buah anggur ternyata bisa memberikan banyak manfaat jika ibu hamil mengkonsumsinya. Di samping itu, beberapa buah anggur merah memiliki rasa agak masam yang cocok untuk lidah ibu hamil yang umumnya gemar mengonsumsi makanan asam.

Gizi Buah Anggur Terhadap Ibu Hamil - Namun, yang harus Anda waspadai adalah menghindari makan buah anggur di trimester terakhir karena anggur menghasilkan panas. Konsumsi anggur yang berlebihan dapat menjadi racun karena meningkatkan resveratrol, yaitu senyawa yang dihasilkan tanaman sebagai respons terhadap masuknya patogen atau penyakit. Untuk itu konsumsilah anggur sewajarnya.

Apabila dikonsumsi dalam batas wajar, manfaat buah anggur untuk ibu hamil tentu saja sangat berlimpah. Bahkan dalam hal ini, kandungan zat dan nutrisi pada buah anggur yang telah dapat memberikan dampak positif untuk perkembangan janin. Berikut manfaatnya:

Manfaat Buah Anggur Bagi Ibu Hamil Muda dan Janin

7 Manfaat Buah Anggur Bagi Ibu Hamil dan Perkembangan Janin Didalam Kandungan

1. Menghentikan pembekuan darah

Manfaat buah anggur untuk ibu hamil karena anggur bertindak sebagai pengencer darah yang kemudian menghentikan produksi vitamin K untuk menghindari pembekuan darah atau pembekuan selama persalinan. Selain itu, minum segelas jus anggur setiap hari baik untuk wanita hamil, karena berkhasiat menghindari stres sebelum waktu persalinan.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ibu hamil muda biasanya juga mudah terserang penyakit seperti demam, batuk, dan pilek. Hormon kehamilan memang bisa berpengaruh pada kekebalan tubuh Mama.

Maka, Mama perlu menaruh perhatian pada sistem imun. Makan anggur yang kaya vitamin C bisa membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Pada akhirnya, tubuh Mama pun lebih kuat dan bisa menangkal berbagai penyakit agar tidak masuk dalam tubuh.

3. Membentuk Tulang dan Gigi

Kandungan folat dan kalsium pada anggur bermanfaat untuk pembentukan tulang dan gigi pada janin. Manfaat anggur bagi ibu hamil ini akan mengoptimalkan perkembangan janin dan juga memperkuat tulang ibu hamil.

4. Membantu Perkembangan Otak Janin

Buah anggur mengandung asam folat yang berperan membantu perkembangan otak janin. Manfaat utama anggur untuk perkembangan otak janin antara lain:
• Mengurangi resiko cacat otak saat lahir
• Membentuk saraf pada otak janin
• Membantu pembentukan tabung otak bagi janin

5.Mencegah Anemia

Anemia adalah salah satu masalah yang seringkali terjadi pada ibu hamil. Kondisi seperti ini sangat berisiko untuk kehamilan dan kesehatan janin di dalam kandungan. Konsumsi anggur mampu untuk mencegah risiko penyakit anemia sebab buah anggur kaya akan kandungan vitamin dan zat besi untuk menstabilkan sel darah merah.

6.Mengontrol kadar kolesterol

Anggur merah mengandung senyawa resveratrol yang membantu mengontrol kolesterol selama kehamilan. Enzim ini meningkatkan kinerja empedu, yang menjaga lemak darah tetap terkendali. Manfaat buah anggur untuk ibu hamil dengan mengonsumsi segelas jus anggur setiap hari juga dapat membantu meredakan hipertensi.

7. Pembentukan Sumsum Tulang Belakang

Sumsum tulang belakang adalah organ yang penting untuk janin. Sumsum itu letaknya ada di tulang punggung atau tulang belakang. Janin yang tidak memiliki sumsum tulang belakang tidak akan berkembang dengan baik, akibatnya adalah bayi tidak akan pernah bisa duduk dan dia hanya mampu berbaring di atas kasur. Oleh sebab itulah, penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan perkembangan tulang sumsum belakang pada janin yang dikandungnya. Kandungan asam folat pada anggur bisa membantu janin dalam pembentukan sumsum tulang belakang.

Demikianlah 7 manfaat anggur merah untuk Ibu hamil yang bisa Anda jadikan cemilan sehat bersama buah lainnya. Anda bisa mengkonsumsi buah anggur secukupnya dengan berbagai cara, seperti memakannya langsung setelah dicuci bersih, mengolahnya menjadi jus, ataupun makanan lainnya. Dengan begitu, kesehatan tubuh Anda dan perkembangan bayi pun tetap terjaga.

Posting Komentar untuk "Buah Anggur Untuk Ibu Hamil Muda, Bolehkah? Cek Penjelasannya"