Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Jenis Alpukat Unggulan, No 7 harganya 120.000 per Kg

istanabuah.com | alpukat sebenarnya buah berasal dari meksiko dan amerika tengah, tapi buah ini sudah mulai muncul pada negara tropis lainya.

Avokad kata orang Amerika atau alpuket kata orang Jawa Barat, alpokat kata orang Jawa Timur/Jawa Tengah, boah pokat, jamboo pokat kata orang Batak, advokat, jamboo mentega, jamboo pooan, pookat kata orang Lampung. 

8 Jenis Alpukat Unggulan

Mulai banyak masyarakat pribumi membudidayakan tanaman ini, ditelusuri kembali bahwa buah ini memiliki sejuta manfaat yang harus kalian ketahui, jika kalian tidak tahu silahkan cek disini:


Buah alpukat ini diperkiraan sampai ke indonesia pada abad ke-18. Secara resmi pada tahun antara 1920-1930 indonesia telah memperkenalkan secara resmi 20 varietas unggulan alpukat guna mengingkatkan kesehatan dan gizi masyarakat.

Alpukat mentega
Alpukat mentega

1# Alpukat Mentega

Alpukat mentega salah satu varietas alpukat yang banyak disukai olah masyarakat dan sering dijumpai di pinggir jalan raya.

Dengan ciri khas warna kuning dan tekstur daging yang lembut, daging yang tebal tak berair tidak berserat, daing tidak berserat dan kuning bersi tanpa cacat, menjadikan julukan untuk variates ini. 

Soal besar tidaknya, alpukat ini bukan yang paling besar, tapi buah ini memiliki daging cukup tebal. Ukuran rata rata dari buah ini adalah 600 gram /buah. bentuk dari buah ini oval dengan panjang sekitar 13-17 cm dan diameter 10-14 cm. 

Kandungan protein dari verietas ini sebesar 1.37% dan kadar lemat 7.58%

Untuk kalain yang ingin tahu ciri ciri dari buah alpukat mentega secara mendetail silahkan lihat disini:

Alpukat kendil
Alpukat kendil

2# Alpukat kendil

Alpukat kendil ini termasuk dalam kategori alpukat jumbo, karna memiliki berat 1-2 Kg/buah. Alpukat kendi berasal dari persilangan antara alpukat kendal dan alpukat gunung pati. alpukat kendil ini mampu bertahan pada dataran tinggi dengan ketinggian 1500 mdpl. buah alpukat kendil cukup cepat karna dalam 3-4 tahun dapat berbuah. 

Alpukat kendil memiliki ukuran yang jumbo dan daging buah yang tebal, berbiji kecil, rasa yang nikmat, lembut, manis dan wangi yang khas. yang paling terpenting bahwa alpuka ini memiliki harga yang cukup tinggi cocok untuk para petani sukses.

Alpukat wina
Alpukat wina

3# Alpuat Wina

Alpukat ini termasuk dari alpukat mentega yang memiliki warna hijau yang mengkilap dan tebal. Alpukat wina termasuk alpukat lokal yang di bididayakan pertama oleh kelompok tati di desa jetis, kabupaten semarang. memiliki ukuran jumbo berat sekita 1-2 Kg perbuah. Soal rasa buah ini sedikit manis, memiliki daging yang lembut dan gurih.
Alpukat miki
Alpukat miki


4# Alpukat Miki

Untuk alpukat miki harus kalian coba, soal ukuran alpukat miki tidak jauh beda dengan alpukat mentega, memiliki merat 400-600 Gram perbuah. Banyak sekali para petani buah sangat suka untuk membudidayakan buah ini, karna pohon alpukat miki ini dapat berbuah pada usia 2-3 tahun, yang pada dasarnya buah ini dapat berbuah pada umur 5 tahun, jadi tingkat produktifitasnya sangat tinggi, cocok sekali untuk berwirausaha.

Untuk kalian yang ingin tahu tentang alpukat miki lebih jauh, bisa lihat pada artikel dibawah ini:

Baca Juga: Mengenal Alpukat Miki, $$ Primadona Alpukat Daratan Rendah

Alpukat aligator
Alpukat aligator

5# Alpukat aligator.

Alpukat ini memiliki ukuran yang unik, dengan berat yang jumbo mencapai 1.3 kg/buah. dengan ciri khasnya berbentuk lonjong ke atas dengan ukuran panjang ke atas rata-rata 70-80 cm.

Dengan ukuran jumbo ini alpukat aligator memiliki daging yang cukup tebal, bukan hanya itu rasa yang manis dan tidak berair membuat alpukat ini cukup digemari dimasyarakat pribumi.

Untuk kalian yang ingin tahu lebih lanjut dengan alpukat aligator bisa lihat di artikel dibawah ini:

Baca Juga: 8 Kelebihan Alpukat Aligator, Jumbo, Memiliki Daging Tebal

Alpukat tanpa biji
Alpukat tanpa biji

6# Alpukat Tanpa Biji. 

Kita bahas dari no 1 sampai pembahan ini buah alpukat memiliki ciri khasnya sendiri. Seprti namanya buah alpukat ini tidak memiliki biji yang menggangu, didalam buah full terisi daging buah. jadi kalian akan lebih puas untuk memakanya, dengan citra rasa yang tidak kalah saing dengan verieates alpukat yang lain.

Alpukat ini tumbuh subur pada dataran rendah hingga dataran tinggi, tapi idealnya pada ketinggian 200-1000 mdpl. Dengan suhu ideal 20 atau 25 derajat celcius.

Secara fisik alpukat tanpa biji cukup mirip dengan jenis alpukat yang lainya. Dengan bentuk lonjong dengan kulit berwarna hijau dan kadang agak kuning kecoklatan.

Alpukat hass
Alpukat hass

7# Alpukat Hass.

Alpukat hass ini cukup unik, alpukat ini memiliki bentuk kulit getigil tidak mulus seperti bentuk kulit dari alpukat jenis lainya. Agak coklat kehitaman jika sudah matang. Soal rasa alpukat ini cukp baik dengan citrarsa yang nikmat dan sangat pulen.

Untuk itu anda harus mencoba memakan alpukat ini, karna jenis alpukat ini sudah termasuk kualitas international, yang pasti memiliki jual yang tinggi. Jika kalian pergi ke supermarket kalain akan mendapatkan harga yang fantastic. terakhir kali kami cek harga mencapat Rp 120.000 perKilo.

Alpukat pluwang
Alpukat pluwang

8#Alpukat Pluwang/Gree Star

Tidak hanya alpukat hass yang menjadi primadona tapi alpukat ini juga temasuk alpukat yang sangat terkenal, meskipun harga tidak semahal alpukat hass.

Bobot dari alpukat ini cukup besar dapat tergolongkan dalam alpukat jumbo dengan ukuran 600 gram hingga 2 Kg. Tak kalah dengan alpukat jenis lainya, alpukat pluwang ini bisa berbuah ketika usia 2-3 tahun. Banyak sekali nama dari alpukat pluwang dimulai dari Alpukat Hawai Jumbo, Alpukat Green Star dan Alpukat Pangeran. karna buah alpukat ini belum memiliki sertifikat.
Roqibus
Roqibus Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "8 Jenis Alpukat Unggulan, No 7 harganya 120.000 per Kg"