Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kandungan Gizi Apel dan Sejuta Manfaat Didalamnya, OMG

Kandungan buah apel – Apel adalah salah satu dari sekian banyak buah yang memiliki kandungan yang sangat bagus. Ada yang menjuluki bahwa buah ini dapat menghindarkan kalian dari dokter. banyak yang meneliti bahwa buah ini memiliki banyak sekali manfaat.

Apel berasal dari bagian timur eropa dan barat daya Asia. Dengan banyak proses yang dilalui maka apel sekarang banyak kalian temui di indonesia dan seluruh dunia.

Kandungan Gizi Apel dan Sejuta Manfaat Didalamnya

Masih banyak orang yang belum mengetahui kandungan nutrisi seperti vitamin, zat zat lainya. Nutrisi, Vitamin dan senyawa lainya   yang terkandung dalam apel memiliki manfaat tinggi, dapat mengobati beberapa penyakit hingga mengobati sel-sel tubuh yang telah rusak.

Di bawah ini kandungan Nutrisi, Vitamin dan senyawa lainya  untuk apel merah:

Kandungan Buah Apel
kumpulan buah apel merah

Kandungan Buah Apel Merah

Kandungan Jumlah
Air (g) 84,10
Protein (g) 0,30
Lemak (g) 0,40
Karbohidrat (g) 14,9
Kalium (mg) 6,00
Fosfor (mg) 10,00
zat Besi (mg) 0,30
Natrium (mg) 1,00
Ptassium (mg) 110,00
Vitamin A (IU) 90,00
Vitamin B1 (mg) 0,04
Vitamin B2 (mg) 0,02
Niacin (mg) 0,10
Vitamin C (mg) 5,00
Bagian yang dapat dimakan (%) 88.00
Sumber: Susanto dan suneto (1994)

Warna dari buah apel ini, bukan hanya satu, melainkan ada banyak. Ada satu jenis apel lagi yang memiliki kandungan cukup tinggi. Apel hijau, yang memiliki nama latin Malus domestica. Ternyata eh ternyata buah apel hijau ini mengandung banyak sekali manfaat yang tidak kalian duga.

Kandungan Buah Apel
apel hijau segar

Tidak terlalu beda kandungan dari apel merah, tapi ada beberapa kandungan dari aple hijau yang tidak dimiliki oleh apel merah, bisa langsung cek:

Kandungan Buah Apel Hijau

Kandungan Jumlah Satuan
Air 86.67 g
Energi 48 kkal
Protein 0,27 g
Total lipid (lemak) 0.13 g
Karbohidrat 12,76 g
Serat makanan 1.3 g
Gula, Total 10.1 g
Kalsium, Ca 5 mg
Besi, Fe 0.07 mg
Magnesium, Mg 4 mg
Fosfor, P 11 mg
Kalium, K 90 mg
Sodium, Na 0 mg
Seng, Zn 0.05 mg
Vitamin C, asam askorbat 4 mg
thiamin 0.019 mg
riboflavin 0,028 mg
niacin 0,091 mg
Vitamin B-6 0,037 mg
Vitamin A, RAE 2 pg
Vitamin A, IU 38 IU
Vitamin E (alfa-tokoferol) 0.05 mg
Vitamin K (phylloquinone) 0.6 pg
Asam lemak jenuh total 0,021 g
Asam lemak, monounsaturated 0,005 g
Asam lemak, polyunsaturated 0,037 g

Tidak salah jika ada pepetah “an apple a day keep the doctor away”. Jika dilihat dari kandungan diatas sangat bagus untuk tubuh kita. Seperti antioksidah, flavonoid, serat dan masih banyak lagi yang tidak kami sebutkan.

Buah apel juga dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit yang cukup ganas, seperti menurunkan risiko penyakit kanker, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

Buah apel mengandung flavonoid yang memilki fungsi sebagai antioksidan yang berperan untuk melawan LDL yang berisiko penyumbatan pembuluh darah.

Desty Ervina menambahkan berdasarkan salah satu studi preklinis yang dilakukan di universitas Cornell, Amerika Serikat. Menyimpulkan bahwa mengkonsumsi satu apel dalam sehari dapat menurunkan risiko kanker payudara 17% jika mengkonsumsi 3 apel dalam satu hari dapat mengurangi risiko kanker payudarah 35% jika mengkonsumsi 6 apel dalam satu hari dapat mengurangi risiko kanker payudarah hingga 64,4%.

Jika dilihat kembali pada 2 tabel diatas Dalam 100 gram buah apel (1 buah apel ukuran sedang kira-kira beratnya 182 gram) mengandung 52 kalori, karbohidarat, protein, air, gula, zat besi dan vitamin A, C, E, K, B6 yang memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh manusia.

Tim istanabuah sudah mengumpulkan beberapa manfaat dari buah apel merah dan hijau yang kalian harus ketahui:

1. Meningkatkan kesehatan saraf otak.

Quercetin adalah salah satu jenis antioksidan yang terkandung dalam apel. Fungsi dari quercetin ini untu menurunkan angka kematian sel akibat oksidasi dan inflamasi pada sel saraf. Untuk penderita alzheimer buah apel sangat bagus untuk meningkatkan daya ingat. Karna buah apel meningkatkan produksi neutransmitter esensial asetilkolin yang berperan penting dalam daya ingat.

2. Mencegah demensia.

Salah satu penelitian yang dipublikasi pada Journal of Food Sciene 2008 menunjukkan mengkonsumsi apel memiliki manfaat untuk saraf. Teratur mengkonsumsi apel dapat melindungi sel-sel neutron dari stress oksidatif neurotoksisitas dan mengurangi resiko penyakit Alzheimer dan demensia.

3. Mencegah Kanker. 

Warna merah ataupun hijau tuhan ciptakan menjadi warna kulit buah apel bukan tanpa sebab dan manfaat, melainkan ada keajaiban dibalik itu. Warna merah untuk buah apel disebabkan oleh antosianin sejenis fitonutrien ( senyawa kimia yang Cuma ada di tumbuhan) yang memberikan sejuta manfaat bagi kesehatan manusia.

Antosianin (senyawa kimia Cuma ada didalam tumbuhan) memiliki sifat antikanker dan antiradang. Beberapa study sudah membuktikan menggunakan hewan bahwa fitonutrien dalam apel dapat membantu melindungi tubuh manusia dari kanker per dan kanker usus. Antosianin ini dapat menjaga kesehatan penggeliatan dan penurunan saraf bagi lansia. Dan lebih menakjubkan kembali salah satu flovonol yang ditemukan dalam buah apel dapat mengurangi resiko terjatikan kanker pangkreas.

Tidak berhenti disitu, salah satu study lainya yang diterbitkan jurnal akademik Annals of Oncology, jika rutin memakan 1 buah apel  dalam setiap hari maka orang tersebut sudah menurunkan 20% resiko terkena kanker kolorekteral dan 18% kanker payudarah, tapi untuk memastikan lebih valid berita ini harus diperlukan penelitian yang lebih lanjut.

4. Mengendalikan gula darah. 

Dalam satu buah apel ukuran sedang mengandung sekitar 4 gram serat. Serat yang terdapat pada buah apel  ada 2 jenis, ada yang larut dan ada tidak larut. Serat tidak larut ini memiliki manfaat untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Karna serat larut (pektin) dalam buah apel bekerja sama dengan komponen fitonutrien untuk mengontrol kadar lemak serta kadar gula dalam darah.

5. Dapat menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas berbentuk dari molekul yang jumlah eletronnya tidak stabil sehingga sangat merusak sel-sel sehat pada tubuh. Untuk itu Antioksidan disini sangat berperan penting dalam mengaga kesehatan tubuh. Tarutama untuk menangkal radikal bebas.

Sisa metabolisme dalam tubuh dan juga dari polutan yang ada diudara dan lainya. Sel-sel sehat  yang terkena radikal bebas tersebut akan menghancurkan diri dan berubah menjadi penyakit bagi tubuh kita. Antioksidan disini untuk mencegah itu terjadi, untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh agar dapat menetralkan sifat reaktif dari radikal bebas sehingga pencegahan rusaknya sel.

Setelah kita bahas beberapa manfaat bagi kesehatan badan, saat ini kita akan bahas manfaat apel bagi kesehatan yang mendukung kecantikan, yuk kita lihat.

6. Menyehatkan dan Memutuhkan gigi.

Gigih putih sehat adalah idaman pria dan wanita, menggigit dan mengunyah apel dapat menstimulasi produksi saliva dalam mulut dan menurunkan bakteri jahat dalam mulut sehingga kerusakan gigi akibat bakteri menjadi sedikit. Tapi bukan memakan apel dapat menggantikan menyikat gigi setiap hari.

7. Mencerahkan Kulit wajah.

Wajah mulus dan cerah idaman bagi para kaum hawa. Buah apel mengandung kolangen yang cukup tinggi, fungsi kolagen sendiri menjaga kulit agar awet mudah dan tetap cerah. Buah apel juga mengandung Vitamin C yang berfungsi untuk pembentukan kolagen.

 8. Mengandung Vitamin hebat

Dalam satu buah apel ukuran sedang (kira kira 180 gram) mengadung vitamin C sebanyak 8,4 gram. Bukan hanya Vitamin C melainkan masih ada Vitamin B6 dan B1 yang terkandung dalam buah apel. Vitamin C ini dapat membantu kolagen, yang salah satu fungsi kolagen sudah dijelaskan diatas. Dan fungsi dari Vitamin C dapat memperbaiki jaringan-jaringan rusak dalam tubuh terutama Tulang dan gigi.

Sementar untuk vitamin B6 memiliki fungsi untuk membentuk neurotransmiter, senyawa yang memiliki fungsi menyampaikan sinya antara saraf dalam tubuh. Vitamin B6 juga berfungsi sebagai pembentukan hormon serotonin dan neropinefrin. Fungsid ari kedua hormin ini untuk mengaga jam biologi tubuh. Jika tubuh kekurangan Vitamin B6 maka tubuh kita akan kesulitan untuk menyerap Vitamin B12 mengakibatkan tubuh tidak dapat memproduksi sel imun dan sel darah merah dengan sempurna.

Untuk yang terakhir adalah Vitamin B1 yang berfungsi sebagai memaksimalkan kerja sitem imun, atau biasanya disebut tiamin dan dikenal vitamin anti stress.  Bukan hanya memilki fungsi meningkatkan sistim imum melainkan dapat mengatasi stres. Vitamin B1 juga dapat berperan dalam suatu reaksi metabolik dan membatu memproduksi ATP yaitu sebagai sumber energi bagi tubuh.

Mungkin hanya ini saja dalam artikel kandungan buah apel, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Roqibus
Roqibus Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "Kandungan Gizi Apel dan Sejuta Manfaat Didalamnya, OMG"