Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mangga Chokanan: sangat manis dan genjah, cocok untuk tabulampot.

Mangga Chokanan adalah mangga terkenal dengan rasa manis, berair dengan serat sedikit. Pohon buah mangga ini juga cepat berbuah. Jika dibudidayakan dengan utuh, maka dalam satu pohon mangga chokanan menghasilkan 120 kilo pertahun.

Dari situlah para petani dan pecinta tanaman mulai tertarik untuk membudidayakannya. Apakah kamu terterik? Cek dulu


Mangga Chokanan
Warna sangat cerah


Mangga Chokanan, Manis, cepat berbuah di tabulampot

Mangga salah satu sekian banyak buah yang cukup gampang dijumpai di asia ini. Varietas mangga sangat banyak sekali, dan kami sudah jelaskan pada artikel sebelumnya, seperti:

Mangga okyong atau okiong, dengan rasa manis dan sangat rajin berbuah... selengkapnya cek di Mangga Okyong

Mangga alpukat yang memiliki tekstur sangat lembut dan manis, yang unik cara membukanya sama seperti kalian membuka buah alpukat... Selengkapnya cek di mangga alpukat.

Ada juga yang bernama mangga apel, sekilas seperti apel karna semburan warna merah diatasnya. Rasa masamnya dapat berubah menjadi manis jika anda mempupuknya dengan... Selengkapnya cek di Mangga apel

Di Asia sendiri ada negara yang sangat serius untuk mengembangkan varietas adalah Thailand. Pemerintah Thailand memang sangat serius dalam menangani pertanian dan pariwisata ( karna buah seperti ada kaitannya dengan wisata). Jangan heran jika kalian jalan jalan untuk mencari buah dan kalian diperkenalkan dengan nama "Bangkok" pasti terlintas dibenak anda bahwa buah tersebut memiliki kualitas bagus dan super. Seperti mangga bangkok dll.

Mangga Chokanan atau biasanya disebut Chauk Anam. Meskipun tidak menyandang nama "Bangkok" tapi buah ini juga berasal dari Thailand, dan memiliki rasa yang manis sedikit serat. Karna memiliki rasa manis banyak orang yang menjuluki mangga ini sebagai Mangga madu.

Mangga Chokanan Cocok Untuk Ditanam Dalam Pot.

Perawatan dari mangga Chokanan sangatlah mudah, meskipun ditanam di pot dengan perawatan yang tidak serius mangga Chokanan dapat berbuah dengan lebat. Karna itulah banyak orang yang menyebutkan bahwa Mangga chokanan termasuk dalam buah yang genjah.

Ditanam dipot dengan perawatan yang tidak serius mangga Chokanan dapat berbuah di usia 3 bulan sampai 4 bulan. Meskipun begitu pohon mangga chokanan juga harus disiram minimal 2 kali dalam satu hari ( pagi dan sore) jika musim panas untuk musim hujan tidak perlu melakukanya. Pemupukan juga harus dilakukan agar lebih maksimal dalam berbuah.

Mangga Chokanan
Pilihanlah Bibit Unggulan


Jangan lupa tanamlah bibit hasil okulasi, agar cepat berbuah dan buahnya manis dan belilah bibit yang berkualitas, bagus dan benar, karna banyak sekali kejadian pedagang nakal yang tidak bisa membedakan mangga Chokanan dengan mangga madu anggur.

Bibit mangga Chokanan dibudidayakan dengan cara okulasi atau penyambungan. Untuk menghasilkan batang yang kuat penyambungan bagian bawah menggunakan pohon mangga lokal yang super agar kokoh. Untuk bagian atas menggunakan pohon mangga chokanan.

Untuk itu pilihlah bibit yang berkualitas dan benar.

Kabarnya pohon mangga chokanan jika di budidayakan dengan serius dan utuh dapat berbuah 120 kilogram perpohon dalam pertahunya. Cukup menggiurkan untuk dibudidayakan.

Pemilihan pot harus diperhatikan, pot yang terlalu kecil akan menggangu gerak akar sehingga tidak maksimal dalam berbuah. Pot juga tidak terlalu besar karna nutrisi yang anda berikan nantinya tidak akan diserap secara maksimal oleh akar malah menyebar di bagian tanah yang lain.

Kepala Pemasaran Sentra Tani Bogor Deni Hadian menyebutkan bahwa budidaya mangga Chokanan tidak jauh beda dengan budidaya mangga yang lain "budidaya mangaa semuanya sama. Termasuk Chokanan ini".

Belakang ini banyak sekali yang melirik untuk membudidayakannya Chokanan ini. Karna buahnya manis, sedikit serat, warnanya bagus dan genjah pastinya ( auto kaya).

Agar siklus udara dan pencahayaan maksimal jarak antara pohon mangga chokanan harus diperhatikan. Daun yang lebat termasuk dalam kategori tersebut. Untuk mengantisipasi tersebut berilah jarak antara satu pohon dengan pohon yang lain sekitar 5-6 meter

Seperti yang dipaparkan diatas pohon mangga chokanan akan belajar berbuah ketika umur 3 sampai 4 bulan setelah penyambungan. Meskipun tergolong mudah dalam membudidayakan pemberian pupuk kandang rutin harus dilakukan

Pemberian pupuk kandang rutin sekali dalam enam bulan. Ini terus dilakukan meskipun pohonnya sudah besar. Untuk pupuk kimia pemakaiannya 3 bulan sekali,” papar Deni.

Mangga pada umumnya berbuah pada bulan Oktober sampai Januari. Chokanan juga sama berbuah pada bulan tersebut. Pohon mangga chokanan yang bersifat genjah pohon tersebut dapat berbuah sampai 3 kali dalam satu tahun. Diperkirakan pohon mangga chokanan umur 2 tahun dapat menghasilkan 20 kilogram dalam sekali panen.

Salah satu pembudidaya bernama Syahriel M. Said asal Bogor sering menggunakan tehnik okulasi atau penempelan mata tunas yang bertujuan memperbanyak tanaman.

Menurutnya menggunakan teknik okulasi sangat menuntungkan. “Okulasi itu kan satu batang bisa beberapa mata tempel, hasilnya bisa lebih banyak dibanding sistem sambung,” ujarnya.

Pemilik Indrapuri Agro ini berpesan, proses okulasi ini berlangsung dalm waktu 6 sampai 9 bulan hingga bibit berukuran 50 sampai 70 cm.

Pohon mangga chokanan ini sangat cocok untuk ditanam di dataran rendah.

Ada tips rahasia yang dikemukakan oleh Syahriel agar pohon dapat berbuah 2 sampai 3 kali pertahunya. Dengan menggunakan perawatan khusus “Kandungan pupuk yang digunakan harus banyak mengandung fosfor dan asam amino,” ujarnya.

Syahriel juga menambah untuk pohon mangga chokanan yang di tanam di pot, media tanah harus sering di ganti. Dalam jangka waktu 2 tahun sampai 3 tahun tanaman harus dikeluarkan dan sebagian akar dipangkas dengan dipotong. Media tanah dan pupuk diganti dengan yang baru.

Perlu diperhatikan untuk para petani buah, pohon mangga chokanan memiliki kelakuan unik. Pada buah yang pertama kali, rasa buah tersebut akan manis. Akan tetapi untuk buah yang keduakalinya akan sedikit kurang manis dibandingkan buah yang pertama kali. Kualitas sedikit menurun ketika buah kedua. Jika anda memiliki solusi tersebut anda bisa share dengan menulis di kolom

mangga Chokanan
Jumbo ukuran mangga Chokanan

Kandungan Nutrisi dalam Mangga Chokanan.


Bukan hanya manis mangga chokanan juga memiliki nutrisi yang sangat banyaj sekali, dibawah ini sudah kami sediakan tabel nutrisi mangga chokanan.


 Kandungan Nutrisi Jumlah per 100 gram  %AKG
 Protein 0.8 gram
1%
 Vitamin A 0.04 mg 21%
 Vitamin B6 0.05 mg 5%
 Vitamin B12 0.16 mg 0%
 Vitamin C 20.5 mg 60%
 Lemak 0.4 g -
 Karbohidrat 15 mg 5%
 Sodium 1 g -
 Potasium 168 mg 4%
 Zat Besi (fe) 1.9 mg 1%
 Magnesium 22.5 mg 2.3%


Dapat dilihat bahwa kandungan Nutrisi dalam buah mangga chokanan ini sangatlah banyak mukai dari vitamin A, vitamin B, zat besi, protein, lemak, karbohidrat, potasium, magnesium dan sodium. Yang pastinya nutrisi tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh kita.

Kesimpulan penulis.

Mangga Chokanan adalah mangga yang sangat super, dalam budidaya pohon mangga chokanan ini sangat gampang di budidayakan dan yang paling penting adalah genjah. Sangat cocok untuk di tanam dipot, so jadi tidak terlalu ribet. 

Soal rasa mangga chokanan ini tidak perlu diragukan lagi. 

Jika kalian memiliki solusi dan sesuatu yang anda ketahui tentang mangga chokanan bisa tulis di kolom komentar, dengan berbagi kita semakin dekat.
Roqibus
Roqibus Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

2 komentar untuk "Mangga Chokanan: sangat manis dan genjah, cocok untuk tabulampot."

  1. Trimakasih admin atas informasinya.. Oiya min harga bibit mangga nya berapa ya perpohon ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama sama, untuk soal harga setiap daerah bermacam macam kak. Untuk selengkapnya bisa lihat di grub yang kami sediakan.

      Hapus

Jika ada sesuatu yang ingin di sampaikan seperti:
1. Pertanyaan
2. Kritik
3. Request artikel
4. Saran
5. Kesalahan dalam artikel
6. sesuatu yang perlu didiskusikan