Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

9 Buah Cocok untuk Diet Ketat (Rendah Kalori)

buah yang cocok untuk diet ketat | Jika Anda sedang menjalani program diet, buah-buahan sepertinya bisa menjadi salah satu menu terbaik sebagai pengganti karbohidrat. Buah memang memiliki kandungan dan manfaat yang berbeda, namun jika Anda sedang berdiet, usahakan untuk mengkonsumsi buah yang rendah kalorinya.

Tidak semua buah memiliki kandungan kalori yang sama. Apalagi jika diet yang Anda pilih adalah diet kalori, perhitungan untuk kalori dari buah yang dikonsumsi ini tentunya menjadi penting. Ingin tahu apa saja buah yang baik untuk diet ? Simak 9 macam buah-buahan berikut.

buah yang cocok untuk diet ketat

Buah buahan untuk Diet yang Sehat dan Rendah Kalori

1# Tomat (18 kal / 100 gram)

Tomat menjadi peringkat pertama buah-buahan dengan kalori terendah, dengan hanya 18 kalori per 100 gramnya. Tomat sangat kaya akan kandungan air serta serat yang mampu menutrisi tubuh selama Anda menjalani diet. Tomat juga mengandung berbagai kandungan penting seperti vitamin C, kalium, dan antioksidan. Gula alami yang terkandung dalam tomat atau oligofuktosa dapat membantu seseorang merasa kenyang lebih lama ketika mengonsumsinya.

Untuk mengolah tomat sebagai buah untuk diet, Anda bisa menggabungkannya dengan olive oil menjadi sarapan yang sehat. Tomat juga sangat enak dikonsumsi bersama nasi merah atau makanan lainnya. Namun, hindari untuk mengkonsumsi saus tomat yang dijual secara komersil, karena tentunya sudah ditambahkan gula yang merupakan musuh utama bagi orang yang sedang berdiet.

2# Strawberry (33 kal / 100 gram)

Buah selanjutnya yang memiliki kalori rendah dan baik untuk diet adalah strawberry. Strawberry banyak ditanam di daerah pegunungan atau dataran tinggi. Di dalam 100 gram daging strawberry, terkandung sekitar 33 kalori. Dalam beberapa penelitian, buah strawberry juga dapat membantu pembakaran lemak dalam tubuh dengan cara mengaktifkan hormon adinopektin dan leptin pada tubuh, yang berguna dalam meningkatkan metabolisme tubuh.

Strawberry dapat dikonsumsi dengan cara dimakan langsung, maupun dibuat jus. Namun ingatlah jangan menambahkan gula ke dalam jus strawberry, biarkan rasanya tetap asam menyegarkan untuk pembakaran lemak yang lebih maksimal.

3# Jeruk Bali ( 38 kal per 100 gram)

Jeruk yang berukuran besar ini ternyata memiliki kalori yang sebaliknya, sangat kecil, hanya sekitar 38 kalori per 100 gram dagingnya. Jumlah ini setara dengan jika Anda memakan seperempat buah jeruk bali berukuran besar.

Kandungan serat dalam jeruk bali yang cukup tinggi dapat membantu seseorang menurunkan berat badan dengan membuat seseorang merasa kenyang lebih lama. Selain itu, jeruk bali juga sangat menyegarkan, apalagi bila dimakan langsung di siang hari yang panas, sebagai pengganti minuman kaleng yang sangat tinggi kadar gulanya.

buah yang cocok untuk diet ketat
Pepaya Matang di Pohon

4# Pepaya (43 kal per 100 gram)

Buah pepaya memang sudah tidak usah diragukan lagi kelihaiannya dalam memperlancar saluran pencernaan. Apalagi kalori yang dikandungnya juga terbilang cukup rendah, hanya terdapat 43 kalori dalam 100 gram pepaya. Enzim papain yang terdapat dalam buah pepaya juga dapat membantu memecah protein yang masuk dalam tubuh, sehingga pencernaan lebih lancar.

Pepaya dapat dimakan secara langsung setelah terlebih dahulu dipotong kecil-kecil. Anda juga bisa menambahkan perasan jeruk nipis untuk lebih segarnya, namun jangan ditambahkan gula jika niatan awalnya adalah untuk diet buah. Bumbu rujak juga kurang dianjurkan karena terdiri dari gula yang cukup banyak.

5# Jeruk (47 kal per 100 gram)

Tidak ada jeruk bali di daerah Anda? Tidak masalah, karena jeruk biasa pun juga cukup ampuh digunakan untuk diet menurunkan berat badan. Dalam 100 gram daging jeruk segar, terkanfung 47 kalori, juga berbagai nutrisi seperti vitamin C, antioksidan, serta thiamin dan folat. Dengan kandungan tambahan ini, selain dapat melancarkan pencernaan, konsumsi buah jeruk secara teratur dapat membuat kulit lebih sehat. Namun pastikan jeruk yang dikonsumsi masih baik dan segar ya, bukan yang sudah diproses di pabrik.

6# Apel (52 kal per 100 gram)

Buah apel memang kerap dijadikan pengganti makan malam bagi para wanita yang sedang berdiet. Memang dengan mengonsumsi buah apel, perut cukup terisi dan tidak mudah lapar dalam waktu singkat. Apel juga mengandung banyak serat dengan jumlah kalori yang relatif sedikit, hanya terdapat sekitar 52 kalori per 100 gram apel. Serat yang dikandung buah apel ini membantu melancarkan pencernaan, sehingga sisa makanan tidak menumpuk di dalam tubuh serta lancar dikeluarkan.

7# Blueberry (57 kal per 100 gram)

Walaupun terbilang cukup jarang karena habitatnya bukan di Indonesia, namun beberapa pasar buah impor sudah menyediakan buah blueberry, yang mungkin sesekali dapat menjadi pilihan konsumsi buah Anda selama berdiet. Blueberry sangat rendah kalori, terdapat sekitar 57 kalori dalam 100 gramnya. Dengan rasanya yang asam, buah blueberry sangat kaya akan antioksidan serta dapat memperlancar metabolisme. Manfaat lain juga akan Anda dapatkan dengan mengonsumsi blueberry, seperti terhindar dari kolesterol, hipertensi, dan obesitas.

8# Pear (57 kal per 100 gram)

Sangat mirip teksturnya dengan buah apel, buah pir juga dapat menjadi salah satu alternatif buah untuk diet, dengan kandungan kalorinya yang sebesar 57 kalori per 100 gram daging pir. Walaupun kalorinya sedikit lebih besar dibanding apel, namun kandungan serat buah pir ternyata jauh lebih banyak. Dengan mengonsumsi buah pir, biasanya seseorang juga lebih lama merasa kenyang sehingga tidak terus menerus memakan makanan yang ada di depannya.

9# Kiwi (61 kal per 100 gram)

Buah yang berasal dari New Zealand ini memang sangat enak rasanya, asam segar dengan sedikit sensasi manis dari daging di tengahnya. Jika Anda sedang berdiet, buah kiwi termasuk buah yang baik untuk dikonsumsi, dengan kandungan kalorinya yang rendah serta kandungan antioksidannya yang tinggi. Siapapun tentu akan menyukai buah hijau yang menyegarkan ini.

Demikianlah 9 buah buahan untuk diet menurunkan berat badan disertai dengan kandungan kalori yang dimilikinya. Semoga membantu Anda yang sedang berusaha keras membakar lemak dalam tubuh untuk memiliki berat badan ideal. Selamat mencoba!

Roqibus
Roqibus Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "9 Buah Cocok untuk Diet Ketat (Rendah Kalori)"