Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Manfaat Tanaman Okra untuk Kesehatan dan Pengobatan Alami

Manfaat Tanaman Okra – Tanaman sayur adalah salah satu bahan makanan yang berasal dari tumbuhan dan mengandung kadar air tinggi. Ada banyak jenis sayuran yang dapat dikonsumsi, seperti tanaman okra. Tanaman ini mungkin masih terdengar asing bagi anda ? namun sayuran okra merupakan tanaman yang cukup populer di negara Asia seperti di China, Jepang dan India.

Tanaman okra memang masih sangat jarang dijual dipasar, hanya di kota-kota besar saja yang menjualnya. Tanaman ini memiliki banyak manfaat. Okra bisa dijadikan obat herbal untuk berbagai macam penyakit berat seperti jantung, diabetes dan kolesterol. Berikut macam-macam manfaat sayur okra untuk kesehatan dan pengobatan tradisional.
Manfaat Tanaman Okra untuk Kesehatan dan Pengobatan Alami

Khasiat dan Manfaat Tanaman Okra

1. Membantu menurunkan berat badan (DIET)

Okra adalah salah satu jenis sayuran yang sangat rendah kalori. Dalam setiap 100 gr sayur okra hanya mengandung 30 kalori. Sehingga sangat cocok bagi anda yang sedang menjalankan program diet, sayur okra sangat baik sekali dikonsumsi, baik dijadikan sayur untuk masakan atau dibuat jus.

2. Menjaga kesehatan mata dan kulit

Tanaman okra memiliki kandungan vitamin A sebanyak 375 IU, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga diperlukan untuk menjaga selaput lendir yang berkontribusi penting menjaga kulit agar tetap sehat.

3. Manfaat Okra untuk Penderita Diabetes

Berdasarkan sebuah riset yang telah diterbitkan oleh ISRN Farmasi pada tahun 2011, yang menyatakan bahwa okra dapat mengurangi penyerapan glukosa, sehingga kadar gula darah berkurang. Ternyata okra dapat menurunkan kadar gula darah agar stabil. Ini sangat bermanfaat sekali bagi penderita diabetes.

4. Membantu melindungi paru-paru

Okra merupakan tanaman sayur yang mengandung nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Salah satunya adalah senyawa flavonoid yang bermanfaat sebagai antioksidan seperti beta-karoten, lutein dan xanthin yang membantu melindungi paru-paru.

5. Mencegah kanker mulut

Antioksidan yang terkandung dalam sayuran okra atau bamia merupakan salah satu senyawa yang dapat membantu mencegah kanker di rongga mulut.

6. Manfaat Okra untuk Janin

Okra memiliki kandungan folat yang sangat baik. Setiap 100 gram terkandung 22% RDA. Artinya jika ibu hamil banyak mengkonsumsi sayur okra, maka akan sangat membantu menurunkan resiko cacat terhadap saraf janin dalam kandungan.

7. Mengurangi resiko penyakit jantung

Kandungan serat dan senyawa seperti quercetin, katekin, procyanidin, epicatehin, dipercaya mampu menurunkan resiko penyakit jantung. Untuk itu, jika anda rutin mengkonsumsi okra, tingkat resiko terkena penyakit jantung juga akan berkurang.

8. Memperkuat tulang dan gigi

Tanaman Okra juga memiliki kandungan vitamin K yang sangat baik untuk memperkuat tulang dan berperan sebagai enzim pembekuan darah. Dalam okra segar terkandung Vitamin K sebanyak 53 µg.

9. Okra bermanfaat untuk menurunkan kolesterol

Berdasarkan studi yang diterbitkan dalam The Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology menemukan bahwa ekstrak sayur okra dapat membantu menurunkan kadar kolesterol.

10. Membantu metabolisme energi

Kandungan mangan dan magnesium yang sangat tinggi dalam sayur okra berperan penting sebagai pengontrol metabolisme energi dalam tubuh. Magensium bertindak sebagai katalisator dalam reaksi biologi di dalam tubuh, sementara mangan berfungsi dalam sintesis ureum, pembentukan jaringan ikat dan tulang, serta mencegah peroksidasi lemak oleh radikal bebas.

Itulah ke-sepuluh penjelasan mengenai khasiat dan manfaat tanaman okra yang sangat baik bagi kesehatan dan pengobatan alami. Jika tertarik merasakan manfaatnya, anda dapat membeli sayuran okra di pusat swalayan atau supermarket terbesar di kota anda.

Roqibus
Roqibus Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "10 Manfaat Tanaman Okra untuk Kesehatan dan Pengobatan Alami"