Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Selai Pepaya, Rasanya Spesial

Pepaya memiliki banyak sekali kandungan yang bermanfaat untuk tubuh, beberapa diantaranya adalah vitamin A,  B, C, kalsium, niacin, zat besi, kalium, fosfor, protein dan lain sebagainya. Selain lezat dikonsumsi secara langsung, buah ini juga bisa diolah menjadi selai yang lezat.

Selai pepaya merupakan salah satu makanan pelengkap untuk kue kering, roti dan aneka makanan lainnya. Selai yang terbuat dari buah pepaya ini memiliki cita rasa yang lezat dan tekstur yang lembut sehingga sangat terasa nikmat di lidah.
selai pepaya
Selai pepaya dalam toples

Cara Membuat Selai Pepaya dengan resep rahasia

Pada dasarnya, cara membuat selai pepaya tidak jauh berbeda dengan selai buah lainnya. Agar selai yang dihasilkan bercita rasa lezat, buah pepaya yang digunakan harus benar-benar matang. Dengan begitu, selai buatan Anda akan terasa manis dan lezat. Bagi Anda yang tertarik untuk membuat selai pepaya, berikut ini adalah bahan-bahan dan cara pembuatannya.

Bahan-bahan:
  • 1 buah pepaya yang sudah matang
  • Air dingin  
  • Gula pasir secukupnya
  • Air hangat
  • Garam secukupnya

Cara membuat:
  1. Belah buah pepaya matang menjadi dua bagian. Lalu, keluarkan semua biji yang ada di dalamnya hingga benar-benar bersih. Selanjutnya, potong-potong kecil menggunakan pisau dan bersihkan dengan air bersih hingga getah pepaya sudah tidak ada lagi.
  2. Langkah selanjutnya, rendam buah pepaya yang sudah dipotong tadi ke dalam panci yang sudah diisi dengan air hangat. Tambahkan garam secukupnya. Lalu, diamkan selama 5 menit.  
  3. Apabila sudah direndam, angkat buah pepaya tadi lalu tiriskan sampai tidak ada air rendaman yang menetes lagi. Jika sudah kering, Anda parut atau blender buah pepaya tadi dan letakkan di dalam panci untuk dimasak. Saat memasak buah pepaya, Anda tambahkan gula pasir secukupnya (sesuai selera). Selai tentunya akan terasa enak saat disajikan dengan rasa yang manis.
  4. Masak selai buah pepaya dengan api yang sedang sembari diaduk terus. Anda harus tetap mengaduk agar selai yang sedang dimasak tidak menggumpal dan bisa matang secara merata. Jika selai sudah berubah warna menjadi cokelat dan mengental, maka saatnya untuk Anda mengangkat selai tersebut.
  5. Selanjutnya dinginkan selai terlebih dahulu. Apabila sudah dingin, tuangkan pada toples kaca kedap udara. Pastikan jika toples tersebut memang tertutup agar selai bisa awet dalam waktu yang lama. Sekarang, Anda bisa mengoleskan selai lezat ini pada roti atau makanan lain sehingga rasanya akan semakin lezat dan menggugah selera.
selai pepaya
Selai pepaya diatas wajan

selai pepaya
Selai sudah matang

Bagaimana cara membuat selai buah pepaya di atas sangat mudah bukan? Apalagi bahan-bahannya juga sangat mudah ditemukan di pasar tradisional atau minimarket terdekat. Sekian ulasan terkait dengan resep selai pepaya. Semoga resep di atas bisa dijadikan sebagai referensi untuk Anda yang ingin membuatnya sendiri di rumah.

Roqibus
Roqibus Perkenalkan nama saya Badiatur Roqibus Syafaah. Bisa dipanggil oqib atau roqib. Dan saya laki laki.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Selai Pepaya, Rasanya Spesial"