Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Jenis Tanaman Hias Air Terbaik Untuk Memperindah Kolam

Apakah Anda memiliki kolam di rumah atau akuarium yang diisi dengan hewan peliharaan? Jika ya, sebaiknya Anda menanam tanaman hias air. Selain membuat perairan lebih hijau, masih banyak manfaat lain dengan menumbuhkan tanaman hias air, seperti air yang menjadi lebih bersih dengan kandungan oksigen lebih tinggi, sebagai pencegah timbulnya alga pada permukaan air, serta tempat bermain ikan. Ingin tahu apa saja tanaman hias air terbaik untuk menyegarkan perairan di sekitar Anda? Coba simak 8 jenis tanaman air berikut.

8 Jenis Tanaman Hias Air Terbaik

1. Teratai (Nymphaea sp.)

Teratai yang memiliki daun berbentuk melingkar dengan sedikit sobekan ini memang sangat terkenal untuk menjadi tanaman hias air yang cocok untuk ditanamkan di permukaan kolam yang luas. Daun teratai sangat tipis dan lebar sehingga dapat memperkecil tekanan dan tidak tenggelam ke dasar kolam. Permukaan atas daunnya juga mengandung zat lilin sehingga tidak basah terkena air.
Jenis Tanaman Hias Air Terbaik

Daun teratai memang lebar karena kebutuhannya untuk terus menguapkan air sehingga sel-sel di dalamnya tidak membusuk dan akhirnya mati karena terlalu banyak kandungan air. Akar teratai cukup panjang dan biasanya dapat mencapai dasar perairan, sehingga posisinya tidak berpindah akibat arus air, angin, dan sebagainya. Bunga teratai yang mekar memiliki keharuman yang khas dan akan sangat mempercantik kolam.

2. Lotus (Nelumbo sp.)

Sekilas tanaman lotus ini sangat mirip dengan teratai, namun ternyata lotus dan teratai berasal dari spesies yang berbeda. Di Indonesia sendiri, lotus juga dikenal dengan nama seroja. Dilihat dari bunganya, teratai memiliki mahkota yang lebih lancip dan panjang serta tebal, sementara lotus biasanya lebih pendek mahkota bunganya dan tipis. Perbedaan yang paling mencolok adalah pada tanaman lotus terdapat biji yang berfungsi untuk perkembangbiakkan tumbuhan.
Jenis Tanaman Hias Air Terbaik

Selain itu, daun tumbuhan lotus juga berbeda dengan teratai. Daun lotus tidak hanya tumbuh di permukaan air, namun juga bisa meninggi beberapa cm dari permukaan air, sehingga daunnya lebih kering dibandingkan dengan teratai. Bunga yang dinobatkan sebagai bunga nasional Vietnam dan India ini memiliki keharuman yang mirip juga dengan harumnya bunga teratai.

3. Apu-apu (Pistia stratiotes)

Jika Anda sering mengunjungi toko ikan hias akuarium, pastinya sudah tidak asing lagi dengan tumbuhan yang satu ini, karena memang selada air kerap digunakan untuk menghias akuarium. Dikenal pula dengan nama water lettuce (selada air) karena kemiripan fisiologisnya dengan selada. Tanaman hias air ini memiliki daun yang berwarna hijau terang, muncul secara bergelombang dari akarnya, mirip kelopak bunga mawar namun dalam bentuk daun.
Jenis Tanaman Hias Air Terbaik

Besar tumbuhan ini mengikuti luasnya perairan tempat apu-apu tumbuh, di tempat yang luas diameternya dapat mencapai 15-20 cm. Permukaan daunnya berbulu halus seperti beludru. Akarnya menjuntai dan menggantung di dalam air. Jika menumbuhkan apu-apu, usahakan tidak terkena sinar matahari langsung, karena daun selada air ini mudah terbakar.

4. Hydrilla sp.

Seperti apu-apu, hydrilla juga kerap dijadikan tanaman hias air untuk akuarium. Bedanya, jika tanaman apu-apu mengapung, hydrilla tumbuh dengan seluruh bagian tanamannya tenggelam. Di toko tanaman hias air Anda akan menemukan hydrilla dijual menggunakan pot kecil sebagai pemberatnya sehingga dapat tenggelam ke dasar perairan.
Jenis Tanaman Hias Air Terbaik

Sebagai tanaman hias air, hydrilla akan mempercantik akuarium sekaligus menjadi media bagi tempat bermain ikan. Ikan sangat senang bermain-main di antara helaian daun hydrilla. Namun beda tempat beda pula fungsinya. Di perairan yang lebih luas habitat asalnya, ternyata hydrilla dapat tumbuh tak terkontrol dan mengganggu nelayan atau menghambat saluran air. Artikel Terkait : Gulma yang Dapat Menjelma Tanaman Hias Air.

5. Typha angustifolia / Lidi Air

Tanaman hias air yang satu ini dinamakan lidi air karna bentuk batangnya yang panjang-panjang dan tumbuh bergerombol bagaikan lidi di atas air. Banyak ditanam sebagai tanaman hias di kolam atau di pot yang berukuran agak besar. Tanaman lidi air cukup tahan diletakkan di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Pertumbuhannya pun bisa dibilang cukup cepat sehingga dapat semakin menghijaukan perairan atau pekarangan jika ditanam di pot air.
Jenis Tanaman Hias Air Terbaik

Untuk lebih baiknya, pisahkan tunas baru dari rumpun yang sudah mulai rimbun dan tanam di tempat lain sehingga dalam satu pot tidak terlalu penuh lidi air yang tumbuh.

6. Cyperus / Siperus

Jenis Tanaman Hias Air Terbaik

Biasa ditanam di kolam ikan, tumbuhan ini dapat mencapai ketinggian hingga 2-3 meter. Tanaman hias air ini memiliki daun yang tidak tersentuh air karena disangga dengan batangnya yang tumbuh dari dalam air. Daunnya memang cukup unik karena hanya tumbuh di ujung tangkai, berbentuk helaian-helaian halus yang menyebar seperti kuas. Jika memiliki kolam dengan dasar berlumpur, maka tanaman hias air yang satu ini paling cocok untuk Anda tumbuhkan.

7. Typha latifolia / Cat Tail

Jenis Tanaman Hias Air Terbaik


Masih dari keluarga yang sama dengan lidi air namun berbeda spesies, tanaman hias air yang satu ini juga dikenal dengan nama stok atau tipa. Sebetulnya bentuk fisik tanaman yang seperti memiliki buntut kucing di ujung tangkainya ini adalah bunganya, yang berbentuk silinder dan berwarna cokelat. Panjang bunga cat tail dapat mencapai 15-20 cm, banyak dipakai di perairan kolam. Daun tumbuhan cat tail berbentuk ramping seperti pita, juga tumbuh sejajar dengan tangkai. Tanaman cat tail baik diletakkan di tempat dengan sinar matahari langsung.

8. Melati Air (Echinodorus palaefolius)

Jenis Tanaman Hias Air Terbaik

Memiliki bunga kecil-kecil yang berwarna putih namun hidup di air membuat tanaman ini dijuluki sebagai melati air. Bunga melati air mekar sempurna di pagi hari secara berurutan. Daunnya cukup kaku dan memiliki bulu yang kasar di permukaannya atas dan bawahnya. Bentuk daunnya ada 3 jenis, yaitu daun bulat besar, dan daun yang lonjong dalam ukuran besar dan kecil. Jika menanamnya di dalam pot, biasanya bagian dasar pot akan sedikit berlumpur saat ditanami melati air.

Demikianlah 8 macam tanaman hias air yang paling banyak digunakan untuk menghias berbagai macam perairan dari mulai kolam hingga akuarium. Pastikan Anda menanamkan tanaman hias air yang tepat sesuai dengan ukuran perairan yang ada, dan jangan lupa merawatnya karena walaupun hidup di air, tentunya tanaman juga membutuhkan nutrisi dan perawatan sehingga tumbuh optimal.

Roqibus
Roqibus Aja mbedakake marang sapadha-padha (Hargai perbedaan, jangan membeda-bedakan sesama manusia)

Posting Komentar untuk "8 Jenis Tanaman Hias Air Terbaik Untuk Memperindah Kolam"